Thursday, March 8, 2018

Cara Buat Pola Baju Wanita Dewasa






Cara Buat Pola Baju Wanita Dewasa

Mesin Jahit - Halo para penjahit dimanapun kalian berada, kali ini blog mesin jahit akan tunjukin bagaimana membuat pola baju wanita dewasa, pola dasar baju wanita sangat bermacam – macam bentuknya, begitu juga metode yang digunakan. belum lagi bagi mereka yang telah menggeluti dunia jahit menjahit, biasanya menemukan tehnik membuat pola dasar baju yang di temukannya dari hasil penelitian dan percobaan yang telah dilakukan beberapa waktu.

Namun kali ini saya perkenalkan pola dasar yang sangat sederhana, pola dasar ini saya pelajari ketika mulai belajar jahit di kursus menjahit yang sangat dasar.

Pola dasar ini langsung di buat pola depan dan belakang dan kedua pola tersebut memiliki ukuran yang sama, maka dari itu pola ini sangat cocok bagi kalian yang sangat pemula dalam memulai menjahit.

Berikut ini cara buat pola baju wanita dewasa

POLA DASAR GAUN WANITA UKURAN STANDART


  • Lingkar Badan 76 + 4
  • Lingkar Pinggang 64 + 4
  • Panjang dada 30
  • Lebar dada 30
  • Lebar Punggung 32
  • Lingkar Panggul I 80 + 4
  • Lingkar Panggul II 84 + 4
  • Lebar Bahu 12
  • Panjang rok 60


CARA MEMBUAT POLA
Cara Buat Pola Baju Wanita Dewasa
A – A’ = 2,5 Cm

A – B = 7,5 cm

B – C = 5 cm

B – D = ½ panjang dada

B – E = panjang dada

E – F = 13 cm

E – G = 20 cm

E – H = Panjang rok

A – M = 7 cm

M – S = Lebar bahu

S – S’ = Turun 3 cm

C – C’ = 1/2 lebar dada

C – C’’ =1/2 Lebar punggung

D – D’ = 1/4 lingkar badan

E – E’ = 1/4 lingkar pinggang + 3 cm (coup)

F – F’ = 1/4 lingkar panggul 1

G – G’ = 1/4 lingkar panggul 2

H’ dan H” dinaikkan 1 cm

E – V = 1/10 lingkar pinggang

V – V’ = 3 cm ( coup)

M – O = ½ M S’

d = ½ V V’

d – x = 12 cm

Keterangan :

Garis berwarna merah menandakan pola baju sisi depan, garis berwarna biru menandakan pola baju sisi belakang. Jadi, perbedaannya adalah pada tehnik melipat kertas pola dan menggunting polanya.

Pembahasan tentang pembuatan pola dasar di atas sangat lengkap hingga lebih dari 10 halaman full gambar dan full penjelasan, mulai dari melipat kertas polanya, menentukan titik A hingga cara menggambar kerung leher, kerung lengan depan dan belakang, kemudian panggul, hingga cara membesarkan lingkar leher dan menggunting polanya.

Semoga bermanfaat, mungkin artikel ini kurang jelas namun setidaknya kalian sedikit tau bagaimana cara membuat pola baju wanita dewasa dengan ukuran yang standart. lain kali akan say share secara detail. dan buat kalian yang masih penasaran dan ingin lebih jelasnya silahkan tinggalkan komentar di bawah ya, supaya bisa saya jawab dengan sebisa saya.


Previous Post
Next Post

4 comments: