Friday, April 15, 2016

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Butterfly Manual

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Butterfly Manual

Tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara memperbaiki mesin jahit manual Butterfly. Mesin jahit yang satu ini memang lebih banyak disukai karena harganya yang cukup terjangkau. Walaupun ada banyak orang yang menggunakannya, tidak semua pengguna mesin jahit ini mampu memperbaikinya jika terjadi kerusakan. Layaknya peralatan lain, banyak yang menggunakan namun hanya sebagian orang yang dapat memperbaikinya. Jika Anda juga menggunakan mesin jahit yang satu ini, cobalah untuk belajar memperbaikinya sendiri jika mengalami kerusakan. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung mencari tukang atau bantuan orang lain hanya untuk memperbaikinya.

Mesin jahit sendiri tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari jenis sampai brand. Untuk mesin jahit Butterfly sendiri tidak hanya tersedia dalam pilihan manual saja, ada juga yang portabel. Butterfly sendiri merupakan brand yang sangat populer di Indonesia. Banyak penjahit yang menggunakan mesin jahit ini. Mesin jahit Butterfly terkenal dengan kualitasnya yang cukup bagus serta ditawarkan dengan harga murah. Baik untuk mesin jahit manual ataupun mesin jahit portabel, harganya cukup terjangkau. Selain itu, mesin jahit Butterfly juga cukup mudah digunakan bahkan bagi para pemula.

Cara Memperbaiki Mesin Jahit Butterfly Manual


Berkat kelebihan-kelebihan yang dimiliki, mesin jahit Butterfly memang menjadi mesin jahit idaman masyarakat Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan bahwa pengguna mesin jahit Butterfly sangat banyak. Sayangnya penggunaan mesin jahit ini juga tidak terlepas dari kerusakan. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi kerusakan pada mesin jahit yang dapat Anda ketahui dan Cara Service Mesin Jahit Secara Benar adalah sebagai berikut :

* Benang jahitan sering putusJika benang jahitan atas sering putus maka pastikan putaran roda pada mesin tidak terbalik walau hanya sebentar saja. Selain itu pastikan juga jarum mesin jahitnya sudah dipasang secara tepat, jangan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Pastikan juga Anda memasang nomor benang dan juga nomor jarum sesuai kain yang akan dijahit. Jika benang jahitan bawang yang sering putus, periksalah pemasangan spul benang di sekoci. Pastikan juga jalur benang bawang telah terpasang dengan benar melewati rumah sekoci.

* Jarum mudah patahJika jarum mudah patah sebaiknya cek apakah bahan yang dijahit sesuai dengan besar jarum. Bisa jadi bahan yang terjadi terlalu tebal sehingga jarum tidak kuat untuk menahannya. Atau dapat juga karena pemasangan jarum yang kurang tepat. Periksa juga apakah sekoci terbentuk jarum, hal tersebut juga dapat menyebabkan jarum mudah patah.

* Mesin berisik dan tidak lancarJika Anda memiliki mesin jahit yang berisik dan tidak lancar, bersihkan mesin jahit Anda dari serat-serat kain dan juga benang yang biasanya tertinggal di sekitar gigi mesin jahit. Gunakan kuas untuk hasil yang lebih bersih, bila perlu gunakan minyak pelumas pada penutup gigi.Menjaga kebersihan mesin jahit Anda tentu menjadi hal penting karena dapat menyebabkan mesin tidak bekerja secara maksimal. Selain itu jangan lupa untuk memberi minyak pelumas untuk bagian-bagian mesin yang dapat menimbulkan gesekan ketika mesin jahit digunakan.

Previous Post
Next Post

39 comments:

  1. Terus kalok mesinnya gk mau jalan itu kenapa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek bagian sekocinya barangkali ada benang2 yang menggumpal sehingga menghambat mesin tidak bisa jalan

      Delete
  2. Penyebab hasil jahitan tidak stabil karena apa ya ?

    ReplyDelete
  3. Penyebab hasil jahitan tidak stabil karena apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bu siti : Mungkin karna isi benang spulnya tidak rata, bisa juga karna ketegangan benang terlalu kencang atau terlalu kendor bu

      Delete
  4. Salam, mas, maaf, kalau giginya itu, jalannya terbalik, bagaimana ya? Jadi, bahannya malah jalannya terbalik dari yg biasanya, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak sheila : salam, biasanya pasang kabel dynamonya kebalik itu, atau bagian ngejek nya lagi tertekan jadi langkahnya terbalik

      Delete
  5. Kalau benang atas tidak mau mengait dengan benang bawah itu bagaimana pa?

    ReplyDelete
  6. Kalau benang atas tidak mau mengait dengan benang bawah itu bagaimana pa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu terjadi karena pemasangan sekocinya yang salah, atau setel ulang bagian pengatur benangnya

      Delete
  7. mas, kalau jahitan ga mau jalan stag di sepatu aja gmna ya?
    makasih atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena ada benang yang menggumpal di bagian giginya mesin, buka dek nya nanti kelihatan kok, atau fanbelnya yang terbalik masangnya, atau juga ada benang yang menggumpal di roda dynamonya bagian luar, kalo boleh tau mesin jahit apa ya?

      Delete
  8. Kalau mesin jahit buterfy dikayuhnya berat penyebabnya ap ya pak?

    ReplyDelete
  9. Kalau mesin jahit buterfy dikayuhnya berat penyebabnya ap ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo bu pudji : Penyebabnya adalah mesin nya jarang di beri pelumas bagian rodanya, atau sudah waktunya dipensiunkan bu hehehe :)

      Delete
  10. Klo mesin jahit butterfly, jarum mesin jahit tdak bergerak, cara memperbaiki.y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Nur Jayanti : Mungkin ada benang yang menggumpal di area pen nya

      Delete
  11. Gimana ya klok jarum mesin jait gc mau bergerak terus rodanya gc bisa berputar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Insiya Dama : Apakah dynamonya nyala ?

      Delete
  12. Kak, mesin sya nggak bsa d pake jahit.. Benangnya nggak mkan kain.. Itu bhasanya gmanasih.. 😅
    Itulah pkoknya kak.. Nggk tau ngomongnya gmana.. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dek : itu penyebabnya mungkin jarumnya kurang naik, atau bagian tension benangnya kurang rapat, boleh tau mesin jahit jenis apa ya 😃

      Delete
  13. Thanks for sharing.. Mencari mesin jahit listrik berkualitas dengan harga murah untuk membantu pekerjaan menjahit anda?.. Intip koleksi produk mesin jahit dari Fitinline yuk..

    ReplyDelete
  14. Ini saya beli mesin baru butterfly kok seret ( putarn) berat padahal udah saya kasih pelumas gimana utk meringankan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kekencengan karet fanbelnya mas , coba atur kekencengan fanbelnya ya

      Delete
  15. Mesin punya sy , roda besar bagian bawah sering goyang/longgar cara mengatasinya bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tinggal kencengin aja baut nya mas atau bu ini ?

      Delete
  16. Butyerfly Kalau d pke jahit bahan yg tebal g bisa ngait benang atas sama bawah..kenpa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu harus seting rotarinya bu... supaya cocok dengan jahitan tebal

      Delete
  17. Mau nanya ka..
    Knp yh ko tiba" puteran buat masukin jarum nya kendor jd ny jarumny gx bza d pasang...pdhl sy sudh ganti dengan yg baru..ttp aj gx bza...
    Tolong bantuannya ka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin baut yang buat ngencengin jarum udah dol, jadi harus ganti baut yang buat ngencengin jarum itu

      Delete
    2. saya punya mesin jahit kalau dipakain jahit yang keras selalu putus

      Delete
    3. coba ganti jarumnya, kalo tetep putus coba setting rotarinya ya

      Delete
  18. Mesin sy butterfly portable klo mau jahit harus dibantu putar kedepan.. Itupun berat dan lambat. ..trus klo diputar kebelakang mlh tdk bisa bergerak. Bisanya diputar kedepan aja

    ReplyDelete
  19. Kak, tiang rotarinya enggak mau muter, tiang yg ada di bawah mesin yg paling tengah kak, kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada benang yang menggumpal di area situ mbak , silahkan cek ya

      Delete
  20. Mas kalo mesin jahit buterfly kalo buat jahit ko kadang macet di geriginya jd kainnya jalan di tempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena jarang dibersihkan pada area giginya ya, coba bersihkan 1 minggu sekali biar kinerja giginya stabil, atau jangan terlalu menarik kain yang sedang dijahit.

      Delete