Cara Menjahit Kaos Menggunakan Mesin Jahit Portable

Cara Menjahit Kaos Menggunakan Mesin Jahit Portable

Menjahit kain dengan bahan kaos (stretch) itu bagi saya gampang gampang mudah. Karena bahannya yang lentur dengan tingkat elastisitas yang sangat berbeda pada setiap jenis kain kaos ( stretch ) nya , maka kita harus benar-benar mengerti seluk beluk dan triknya agar hasil jahitan bisa menjadi rapi seperti menggunakan Mesin Jahit high speed maupun overdeck.

Pada awal mengenal mesin jahit, saya kira setelah mempunyai mesin jahit portable biasa maka saya bisa dengan mudah menjahit bahan apa saja sesuka hati. namun ternyata saya salah besar. Karena pada saat saya mencoba untuk menjahit hijab menggunakan kain berbahan spandex ternyata hasilnya lumayan, ya lumayan hancur hehe.. Akhirnya pada saat dapat orderan jadi kebingungan, kelabakan  setengah mati. sedih rasanya mengingat waktu itu  tapi baik buat pengalaman saya sih.


Mesin Jahit Portable
Image : www.kursusjogja.com

Nah dari cerita itu maka saya punya inisiatif untuk menulis aertikel ini tentang masalah yang sering terjadi saat menjahit kain kaos.

Masalah yang sering terjadi saat menjahit kain kaos adalah :

1. Jahitan loncat-loncat, sehingga jarak antar jahitan terlihat tidak rapi.
2. Tidak terjahit / tidak menganyam, biasanya terjadi pada kain stretch yang licin seperti lycra, spandex sutra, dll.
3. Jahitan renggang, sehingga jahitan benang terlihat tidak rapat dan jelek sekali.
4. Benang mudah putus

Saya yakin kalian juga pernah mengalami kendala yang sama seperti yang disebutkan di atas saat menjahit kain yang berbahan dasar stretch. Berbagai usaha saya coba, baik bertanya melalui teman penjahit dan juga browsing di internet dengan keyword Cara Menjahit Kaos Menggunakan Mesin Jahit Portable namun tidak ada jawaban yang pas, dan akurat sesuai permasalahan saya.

Baca juga : Cara Service Mesin Obras Secara Benar 

Berdasarkan info yang saya dapat dari teman teman yang berprofesi sebagai jasa service berbagai macam seputar mesin jahit, ternyata ada mesin jahit khusus untuk menjahit kain kaos yaitu Mesin Jahit overlock. Namun mesin jahit ini lebih dikhususkan untuk menjahit pakaian, karena memang biasa disebut sebagai mesin obras kaos.

Jadi jahitan yang dihasilkan adalah menjahit sekaligus mengobras kampuh kain seperti yang ada di t-shirt itu. Nah kalau sekedar untuk menjahit saja misalnya membuat kelim tindas seperti pada hijab berbahan kaos, terutama berbentuk pashmina instan, mesin jahit overlock ini tidak begitu dibutuhkan. Cukup menggunakan mesin jahit industri (high speed), dengan dinamonya yang besar sehingga menjahit dengan kecepatan tinggi maka akan membuat hasil jahitan pada kain kaos tetap stabil dan rapi.

Lalu bagaimana dengan mesin jahit rumahan saya, apa harus ganti mesin jahit high speed? jawaban nya adalah, kita masih bisa loh menjahit kain kaos menggunakan mesin jahit portable jadi untuk meminimalisir pengeluaran kita kita tidak perlu membeli mesin jahit type high speed. Berikut adalah beberapa tips dan trik Cara Menjahit Kaos Menggunakan Mesin Jahit Portable :

Gunakan ballpoint needle / jarum khusus
Ini adalah tips yang paling ampuh untuk menjahit kain kaos agar terlihat rapi dan bebas dari jahitan loncat-loncat. Jenis jarum ballpoint needle / jersey needle ini termasuk jenis jarum khusus, dimana jarum ini memang diproduksi khusus untuk menjahit bahan kain yang bersifat stretch/elastis misalnya bahan untuk membuat kaos seperti cotton combed, maupun bahan untuk membuat jilbab seperti rayon spandex dan jersey.

Karena jenisnya bukan bersifat universal maka jarum ini akan sedikit susah di dapatkan di toko offline, namun kita bisa mudah mendapatkannya di beberapa toko online seperti di OLX, Bukalapak, Mataharimall, Elevenia,Tokopedia, Dan toko online lainnya, di sana tersedia dalam berbagai macam merk yang memang kita butuhkan, Karena merupakan jenis jarum khusus maka harga ballpoint needle ini cukup mahal jika dibanding dengan jarum universal pada umumnya.


Beri alas kertas pada kain kaos
Ini cara yang umpama kita tidak punya uang untuk membeli karena harga ballpoint needle yang relatif mahal dan susah didapatkan, namun jangan khawatir karena masih ada tips yang satu ini. Meskipun terbilang kurang efektif dan sedikit ribet, akan tetapi cara ini masih sering digunakan dan lebih menanmbah ilmu akan dunia jahit menjahit.

Kita masih tetap bisa menggunakan jarum jahit biasa (universal) untuk menjahit kain kaos namun dengan cara memberi alas kertas pada bagian bawah kain kaos yang akan dijahit. Letakkan kertas yang tidak terlalu tebal tepat di area jalur jahitan pada bagian bawah kain, sehingga nantinya kertas alas ini juga ikut terjahit. Dan setelah jahitan telah selesai, maka lepaskan kertas tersebut dari jahitan dengan cara disobek secara perlahan agar tidak merusak tekstur jahitan. Untuk menjahit kain kaos dengan cara ini umumnya menggunakan jarum jahit nomor 14.


Regangkan / Tarik kain kaos saat menjahit
Sembari menjahit, kita juga perlu memegang kain kaos sekaligus sedikit meregangkan dengan cara tangan kanan agak menarik kain kaos berlawanan dengan arah jahitan.Tips ini perlu dilakukan agar kain kaos yang terjahit masih bisa meregang dan tidak terlalu terikat oleh jahitan benang. Sehingga jika kain kaos merenggang saat dipakai maka jahitan juga ikut merengggang dan tidak putus.


Atur tension/tegangan benang
Biasanya hal yang saya lakukan saat menjahit kain kaos terutama yang berbahan dasar spandex adalah dengan menambahkan setingan tension benang. Lakukan percobaan pada kain kaos perca terlebih dahulu. Naikkan tegangan benang beberapa digit, cobalah sesuaikan hingga jahitan benang pada bagian atas terlihat tidak terlalu renggang.


Atur tekanan sepatu mesin jahit
Selain itu tekanan sepatu mesin jahit juga berpengaruh pada kualitas jahitan kain kaos. Atur tekanan sepatu mesin jahit agar tidak terlalu kuat menekan kain kaos, selain itu juga sesuaikan dengan tingkat kelenturan kain. Karena semakin elastis tingkat kelenturan kain, maka kain kaos akan semakin licin (mudah bergerak ke kanan/kiri) untuk dijahit jika tekanan sepatu mesin jahit terlalu kuat.


Pakai benang jahit yang berkualitas
Tips yang satu ini perlu dilakukan agar benang tidak mudah putus. Benang yang berkualitas tingkat ketegangannya lebih lentur sehingga bisa menyesuaikan pada jenis kain yang dijahit. Selain itu benang yang baik juga teksturnya lebih rata dan tidak banyak serabut sehingga lebih kuat. Karena berdasarkan pengalaman setelah mengganti benang yang lebih bagus, bukan hanya benang yang menjadi tidak mudah putus saat menjahit kain kaos namun hasil jahitan juga lebih rapi dan rapat.

Selamat Mencoba Tips Tersebut, Dan Semoga Bermanfaat

Related Posts:

3 Responses to "Cara Menjahit Kaos Menggunakan Mesin Jahit Portable"

  1. Ternyata susah juga yah pake mesin jahit portable walaupun kelihatannya mudah. Saya malah gak bisa pake mesin jahit sama sekali, soalnya gak ngerti mengoperasikannya, biasa pake tangan. Pantesan aja tidak semua orang bisa menjahit dengan baik dan butuh belajar kalau mau ahli menjahit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalo berusaha belajar dengan sungguh2 pasti bisa kok mas :)

      Delete