Wednesday, April 18, 2018

Waktu Yang Tepat Ganti Sarangan Atau Shuttle Hook Mesin Jahit

Waktu Yang Tepat Ganti Sarangan Atau Shuttle Hook Mesin Jahit

Mesin Jahit - Kapan waktu yang tepat mengganti sarangan atau Shuttle Hook mesin jahit yang kita miliki ? berikut ini penjelasannya.

Ketika sedang enak enaknya menjahit lalu tiba-tiba hasil jahitan kalian menjadi kurang bagus lantaran mesin jahit yang kalian pakai mengalami masalah entah itu benang putus, jahitan loncat, jahitan tidak menganyam dan sebagainya. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sebaiknya selalu cek kondisi mesin jahit kalian secara teratur sebelum digunakan dan setelah digunakan dan pahami bagaimana cara merawat mesin jahit yang benar.

Sobat Mesin Jahit pasti tahu kalau dalam sebuah mesin jahit itu terdapat bagian- bagian yang semuanya saling berkaitan satu sama lain. Bila ada salah satu bagian rusak, lepas atau tidak dipasang dengan benar maka secara otomatis mesin jahit tersebut tidak akan berfungsi secara sempurna.

Gangguan yang paling sering terjadi yaitu mesin jahit tidak dapat menjahit dengan sempurna bahkan benang dari bagian atas dan bawah tidak bisa mengikat atau mengait atau merajut sama sekali. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:


  • Jarum jahit bengkok, atau jarun tumpul karena sebelumnya digunakan untuk menjahit lipatan atau bahan kain yang tebal/keras.
  • Bagian lubang jarum pada needle plate sudah aus atau kelihatan rusak karena sudah lama digunakan dan sering tergesek oleh jarum.


Bila kedua item tersebut kondisinya masih baik, coba periksa komponen yang terdapat pada bagian dalam mesin jahit. Caranya lepaskan bobbin dari dalam mesin jahit. Jika sudah maka akan terlihat komponen dibagian bawah yang namanya shuttle hook atau sarangan.

Shuttle hook atau sarangan adalah bagian dalam mesin jahit yang berfungsi sebagai penggerak dan titik temu benang atas dan benang bawah. Seiring berjalannya waktu dan semakin seringnya pemakaian mesin jahit, sarangan juga bisa mengalami kerusakan sehingga perlu digantikan dengan sarangan baru.

Sarangan Atau Shuttle Hook Mesin Jahit


Untuk menguji kelayakan sarangan, putarlah roda penggerak ke arah anda diawali dari posisi jarum pada titik paling diatas terus bergerak turun sampai jarum bertemu dengan sarangan. Pertahankan posisi ini dengan memegang roda penggerak. Dari bawah menggunakan tangan kiri anda, goyang-goyanglah sarangan tadi kesamping kiri dan kanan.

Baca juga : Inilah Penyebab Mesin Jahit Bersuara Kasar

Baca Juga : 7 Tips Merawat Mesin Jahit Yang Benar

Bila jarak sentuhnya dengan jarum terlalu longgar atau jauh itu berarti benang dari jarum tidak akan bisa dikait oleh sarangan sehingga terjadilah jahitan langkah atau bahkan mesin tidak bisa menjahit sama sekali disebabkan sarangan tersebut sudah terlalu aus dan harus diganti.

Jika anda ingin menanti sarangan, carilah sarangan yang sesuai dengan mesin jahit anda. Informasikan tipe mesin yang anda gunakan, apakah itu berupa mesin jahit klasik atau mesin jahit portable. Bagi anda yang awam tentang mesin jahit sangat disarankan untuk menggantinya ke service center mesin jahit yang bersangkutan atau belajar service mesin jahit melalui media sosial seperti di youtube, di google, di facebook, dan media sosial lainnya.

Jadi kesimpulan kapan Waktu Yang Tepat Ganti Sarangan Atau Shuttle Hook Mesin Jahit ? adalah saat tiba tiba hasil jahitan kalian tidak bagus seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Thanks for sharing.. Untuk mengetahui teknik apa saja yang dapat diterapkan dalam proses pembuatan busana anda bisa mendownload e-book menjahit dari Fitinline..

    ReplyDelete