Sunday, January 11, 2015

Seputar Konveksi dan Cara-Caranya






Seputar Konveksi dan Cara-Caranya

Pada jaman serba modern sekarang ini sebagian besar setiap orang ingin memiliki barang-barang yang indah bila di pandang mata terutama busana/baju, kali ini saya akan mengulas tentang baju lebih tepatnya pada baju muslim atau sebagian orang mengatakan baju koko.

A. bagaimana cara membuat baju muslim dalam jumlah banyak ?
B. bagaimana cara supaya baju muslim terlihat bagus ?
C. bagaimana cara membuat ukuran baju ?

a). Apabila anda seorang pengusaha konveksi, ketika banyak pesanan baju muslim janganlah anda menyuruh anak buah anda untuk mengerjakan secara global atau dalam istilah konveksi dikerjakan secara sendiri-sendiri. karena itu akan membuang waktu terlalu banyak pada sang penjahit, karena prosesnya sangat banyak.

Mulai dari mengerjakan bagian badan kemudian kantong,lalu mengobrasnya, lalu bagian lipat bawah dan pada bagian krah dilanjutkan ke bagian marset. sebaiknya pengerjaannya dibagi menjadi 4 bagian yakni :

1. Bagian badan + kantong.
2. Obras.
3. Lipat bawah.
4. Krah + marset.

Jika pengerjaannya dibagi tentu akan menghemat waktu dan hasilnya juga lebih cepat karena setiap penjahit hanya fokus pada bagian yg di kerjakannya (1234).
setelah baju sudah selesai dijahit tinggal pasang kancing dan lubang kancing kemudian finishing,pada bagian ini juga harus khusus pada bagian ini saja.


Seputar Konveksi dan Cara-Caranya


b). Untuk menghasilkan kualitas baju yang bagus ada beberapa cara harus diperhatikan,mulai dari bahan kain,bahan kain yang dipilih harus bahan yang lembut tidak kasar  supaya ketika baju di pakai tidak akan menyiksa kulit dan terasa panas.tapi jangan lupa model desain ukuran dan bentuk bordilnya juga harus di sesuaikan pada warna kain (dominan) supaya bordil dan baju bisa menyatu akan terlihat hidup dan tidak kontras,pola bordil harus di desain yang simple tapi terlihat elegan anda harus mempunyai anak buah khusus pada bidang desain gambar bordil.

Untuk pengerjaan membordil, langkah jarumnya jangan di setting langkah yang panjang, karena itu akan memudahkan bordil cepat rusak ketika sehabis di cuci. settinglah pada ukuran sama seperti langkah jarum jahit yaitu pada ukuran 2.


Seputar Konveksi dan Cara-Caranya


c). Untuk membuat ukuran baju tidaklah mudah anda harus mencari referensi dari setiap toko-toko yang menjual baju, sebenarnya setiap negara itu memiliki standard size sendiri, mulai dari baju, celana, sepatu, sendal, hingga pakaian dalam. tetapi memang ada beberapa orang yang masih selisih cuma beberapa  centi saja, jadi kita harus menyeimbangkan size tersebut.

Seputar Konveksi dan Cara-Caranya



Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. info yang sangat bermanfaat gan, kunjungi balik ya di www.caramenjahitpakaian.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan trimakasih sudah berkunjung di di sini

      Delete