Sunday, December 17, 2017

Tips Mudah Belajar Menjahit Tanpa Kursus






Tips Mudah Belajar Menjahit Tanpa Kursus

Mesin Jahit -  Apakah diantara kalian ada yang belum bisa menjahit ? pasti ada ya dan banyak yang belum bisa menjahit buktinya ini kamu yang sedang membaca artikel ini hehe.. Atau mungkin sebenarnya kalian ingin bisa menjahit tapi masih bingung bagaimana memulainya. Sebagian orang berpikir, menjahit itu gampang-gampang susah, harus ada bakat. Jika tidak memiliki bakat maka akan sulit, cepat lelah dan bosan akhirnya menyerah dan gagal bisa menjahit karena alasan alasan tersebut.

Baik, inilah Tips Mudah Belajar Menjahit Tanpa Kursus

Sebenarnya untuk bisa mejahit itu tidak ada istilah tidak ada bakat. Kuncinya adalah TEKAT dan KEMAUAN untuk belajar. Apapun itu yang dipelajari, siapapun orangnya, jika ada keinginan yang kuat untuk belajar, pasti pada akhirnya bisa.

Hobby

Jadikan menjahit itu sebagai hobby, menjahit itu merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Saya sudah membuktikannya istri saya juga. Khusus untuk anda yang masih pemula, jika mau belajar sungguh-sungguh, dijamin tidak rugi deh karena nanti bisa menghasilkan uang loh.

Meskipun pada awalnya niat belajar menjahit karena ingin bisa membuat baju sendiri, tapi seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan seseorang pasti akan bertambah karena pengalaman sehingga menjahitpun menjadi hobby. Maka simple nya dari hobby itulah akhirnya bisa mengasilkan uang.

Tips belajar menjahit otodidak ( tanpa kursus )

Belajar menjahit itu tidak harus kursus. Anda bisa belajar sendiri tanpa guru seperti yang saya lakukan dan teman teman saya banyak yang belajar menjahit secara otodidak, Sekali kali cari cari informasi seputar menjahit seputar desain dan seputar mesin jahit di internet biar tahu apa dan keperluan apa saja yang dibutuhkan oleh seseorang yang ingin belajar menjahit. karena sekarang sudah banyak teman teman yang share ilmunya di Blogger, Youtube, Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, dan media sosial lain nya, banyak banget ilmu menjahit disana sehingga itu bisa menambah pengetahuan kamu yang ingin belajar menjahit secara otodidak, saya jamin kamu semakin semangat dalam belajar menjahit.

Cara Belajar Menjahit Tanpa Kursus
*Image : Para ibu ibu sedang kursus belajar menjahit

1. Harus Punya Niat
Segala sesuatu itu berawal dari niat sama halnya dengan belajar menjahit. Kalau tidak ada niat bagaimana sesuatu itu bisa terlaksana. Jadi intinya mantapkan dulu niatnya. Tidak usah berpikir terlalu jauh kedepannya nanti bagaimana. Dinikmati dan dijalani saja prosesnya dengan senang hati. Yakinlah bahwa tidak ada yang sia-sia dalam proses belajar menekuni sesuatu.

2. Mempunyai Mesin Jahit
Mempunyai mesin jahit menjadi sesuatu yang penting, karena tidak mungkin jika niat sudah bulat tapi tidak punya mesin. Untuk masalah mesin jahit, anda tidak perlu membeli mesin yang baru. Saat ini banyak dijual mesin jahit bekas tapi masih bagus. Tapi jika ingin membeli yang baru itu lebih bagus. Ada dua pilihan mesin jahit yaitu manual dan portable.  Saran saya, untuk anda yang masih pemula lebih baik pilihlah mesin jahit manual dulu jika sudah mahir maka bisa beli mesin portable atau mesin jenis high speed seperti mesin Juki Atau Typical yang sudah umum dipakai oleh konveksi konveksi besar di seluruh Indonesia. atau kamu bisa cari informasi di internet bagaimana tips membeli mesin jahit untuk pemula

3. Belajar Mengoperasikan Mesin
Jika sudah ada mesin jahit, saatnya belajar mengoperasikan mesin. Bagi anda yang memiliki mesin jahit baru biasanya sudah dilengkapi buku panduan. Kenali mesin jahit anda terlebih dahulu. Bagaimana cara menggunakannya, semua sudah ada dalam buku panduan tersebut.

Di era digital seperti sekarang ini,  mencari informasi yang lebih detail tentang bagaimana cara memasang benang, bobbin, pasang jarum, sepatu mesin, itu sangatlah mudah. Semua informasi tersebut bisa anda cari di Youtube atau di situs situs seputar mesin jahit

4. Pelajari Jenis Jahitan
Ada beberapa jenis jahitan yang harus diketahui oleh pemula yaitu :
- Jahitan Lurus, jenis jahitan ini sudah umum dan sudah pasti digunakan. Mesin jahit yang kita gunakan biasanya sudah settingan pabrik.

- Jahitan Mati, istilah anak konveksi ( di ejeck ) jahitan ini sangat penting agar benang tidak terburai. Jahitan mati ( di ejeck ) di lakukan di awal dan di akhir jahitan.

5. Praktek / Action
Anda bisa memulai proses belajar menjahit dengan mencoba menjahit yang mudah dan simpel misalnya menjahit sarung bantal, membuat tas sederhana. Anda bisa mendapatkan ilmu lebih banyak dengan cara browsing via internet atau membaca buku tutorial menjahit untuk pemula. Jika anda serius dan telaten, lama-lama ide menjahit akan muncul dengan sendirinya dan nanti akan bisa menjahit baju buat keluarga tercinta kamu. seneng kan hehe..

Untuk awal belajar menjahit baju, pilihlah model yang sederhana untuk diri sendiri, keluarga terdekat misal untuk anak, ibu atau untuk suami. Bahan bisa dipilih dari yang murah dulu misalnya kain kiloan karena masih belajar tentunya tidak lepas dari kesalahan-kesalahan. Trial and error dalam belajar itu sudah biasa apalagi dalam dunia menjahit ndedel itu sudah bisa banget, Jadi kamu jangan berputus asa, tetap semangat, terus belajar dan berlatih.
Nah kalo kamu sudah bisa menjahit dengan baik berikut ini 5 manfaat yang diperoleh seorang penjahit
1. Hemat biaya
Saat memulai tahun ajaran baru, menjahitkan seragam sekolah untuk anaknya yang akan masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi adalah kewajiban. Jika kamu bisa menjahit sendiri untuk anak, tentunya ini akan menghemat uang kamu. selain itu kamu bisa membuat baju sendiri, mukena, tas dan lain lain kapanpun kamu mau.

2. Bisa permak baju sendiri
Terkadang ketika membeli baju seringkali tidak sesuai dengan ukuran badan. Kekecilan atau terlalu besar ini yang sering dialami kebanyakan orang ya walaupun ongkos permak baju tidak semahal layaknya menjahitkan sebuah baju, tapi kan uangnya bisa untuk keperluan lain, inilah enaknya Jika bisa menjahit sendiri tentunya akan menghemat pengeluaran kamu.

3. Permak baju bekas menjadi pakaian baru
Baju yang lama dan tidak dipakai bisa dipermak menjadi baju baru loh. Anda bisa mengkreasikan baju bekas anda menjadi baju untuk anak. Daripada menghabiskan uang anda untuk membeli kain. Mengapa tidak mencoba menggunakan bahan bekas saja kalau memang masih bisa dimanfaatkan betul kan hehe..

4. Membuat kreasi
Belajar menjahit untuk pemula dan membuat tas untuk anak
Menjahit itu tidak terbatas membuat baju saja. Ada banyak kreasi yang bisa dihasilkan misalnya tas, tutup kulkas, tutup televisi tutup galon dan sebagainya. Anda bisa menemukan banyak ide dari buku maupun browsing dari internet.

5. Menghasilkan uang
Dengan keahlian menjahit yang anda miliki, sudah  pasti akan menghasilkan uang. Anda bisa menjadi penjahit professional dengan membuka usaha konveksi atau tailor

Oke itu saja dari saya, tulisan ini adalah rangkaian cerita dan fakta pengalaman pribadi saya yang semoga menjadi pelajaran dan motivasi buat kamu yang sedang ingin tahu Tips Mudah Belajar Menjahit Tanpa Kursus

Semoga Sukses !



Previous Post
Next Post

3 comments: