Tuesday, October 2, 2018

Curhatan Seorang Penjahit Di Media Sosial Facebook






Curhatan Seorang Penjahit Di Media Sosial Facebook

Mesin Jahit - Halo Para penjahit dimanapun anda berada, kali ini saya akan share pengalaman dari seorang ibu Putri Nanda Kurnia yang menceritakan sebagai seorang penjahit. begini ceritanya.

Curhat Di Facebook


'' Pagi bunda2.. mau curhat nie.. knp ya..jadi penjahit itu dr dulu..dianggap sebelah mata masyarakat..kerjaanya jadi tukang jahit..istilah tukang saja kedengarannya sudah gimana gitu.. beda lagi seorang desainer, pemilik butik dan lain2 pasti wow kan d mata masyarakat..

Sy awalnya seorang desainer motif batik di kantor, byk yg memuji sy, sdh kerjaan enak duduk d dpn komputer gaji gedhe scr finansial dianggap berada krn pekerjaan sy..

Setelah sy resign dr pekerjaan kok skrg milih jadi tukang jahit drumah.. tukang lagi.. rada ilfil gt dengernya..

Pengalaman sy nie jadi desainer motif fashion dan jahit itu lebih susah menjahit..knp? Seorang desainer hanya menggambar di kertas, mereka tidak mau tau bagaimana gambar itu di aplikasikan dalam bentuk baju, padahal pengaplikasian itu perlu banyak ilmu dan muter otak, utk memikirkan cutting agar cocok sesuai gambar. Setelah bergelut dengan pola proses menjahit, proses ini tidaklah cepat yg kata orang hanya menyambung2 potongan tinggal jahit selesai.. bukan sama sekali..tp bagaimana jahitan pas dan rapih sesuai ukuran. Itu tidak mudah. Tahun milenial ini banyak kan bunda2 yg hanya share gambar untuk dibikinin model spt ini.. secara tidak langsung kita melalui proses pattern..pengaplikasian bahan ke bentuk baju pd gambar..

Masih dianggap remeh para penjahit2 ? Masih ditawar pula ongkos jahit.. gak sampe mikir proses pecah pola cutting aplgi minta model yg neko2 d byr murah.. bagi sy gak layak dan sesuai.. dengan gaji desainerr yg byk tp pekerjaan lebih rumit dan byk membuang waktu dan tenaga sebagai seorang penjahit. Para penjahit semangat teruss karyamu jiwamuu.. kalian berhak sukses, salut bagi para penjahit..tetap semangat berkarya..💪💪💪''

Lalu di postingan nya di sebuah grup facebook belajar menjahit yang mereka namakan dengan grup TAILOR INDONESIA di banjiri komentar yang sangat positif dan inilah komentar komentar nya.

Hari Perbawa : '' Maaf menjadi desainer juga enggak mudah, walaupun mereka belom tentu pandai menjahit, tpi mereka memiliki ide2 kreatif untuk membuat sebuah tren baru, membuat teknik2 emblishment, membuat bentuk2 pola dan draping, seorang desainer juga harus tau dasar2 untuk menjahit dan pola, seorang designer mengarahkan para pekerjanya agar hasil baju sesuai dengan apa yang mereka inginkan, maaf ya mbak bukan nya apa2 jadi desainer itu juga susah mahal pula sekolahnya, kecuali orang2 yang ngaku "desainer"

Putri Nanda Kurnia : ''Hari Perbawa maaf sebelumnya mas sy lukusan s1 desainer.. tp yg saya tau teori dan praktek itu lebih masuk ke praktek.. teman2 sy desainer tdk tahu dasar jahit..bisanya hny desain tp gak tau hal jahit menjahit..dan sekarg gak byk desain d kertas lebih cari inspirasi di google.. lebih ke plagiat..

Titikjatiningsih : ''Sdh otomatis ko... Klo karya kita Bagus n rapi.... Penghargaan itu akan datang dg sendirix
Orang yg tdk bisa menghargai... Sudahlah.. Itu diluar hitungan kita.. Anggep aja pribadix menyimpang.

Hari Perbawa : ''Oh iya mbak enggak semua desainer seperti yang Anda pikir ya, yang mbak bilang desainer hanya "menggambar" di atas kertas, banyak hal yang perlu di pikirkan juga, mulai dari membuat moodboard, memilih tone warna, memilih fabric treatment, membuat emblishment, mapping, pembuatan pola dan yang lain.

Yani Rohyani : ''Desainer kebanyakan engga bisa jahit, kalau desainer bisa jahit merancang nya engga bebas, mikirin susah menjahit ya.

Hari Perbawa : ''Maaf saya agak kesinggung ehehehe soalnya gak semua pekerjaan saya juga sebagai desainer di salah satu butik di Jakarta.

Itulah isi curhatan oleh ibu Putri Nanda Kurnia atas postingan tersebut ia berhasil mendapatkan like suka sebanyak 257 dan tanggapan komentar sebanyak 62 komentar dan 15 kali dibagikan. sebagian komentar seperti yang saya tulis di atas tersebut.

Dari cerita ini kita bisa simpulkan bahwa menjadi seorang penjahit adalah real passion dan ketrampilan tangan yang akan menghasilkan uang namun juga dibutuhkan kesabaran dan rasa syukur atas apa yang telah kita terima.






Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: