Monday, November 19, 2018

TIPS BELAJAR MENJAHIT BAGI PEMULA






TIPS BELAJAR MENJAHIT BAGI PEMULA

TIPS MENJAHIT - berikut ini adalah artikel tentang tips menjahit bagi pemula.

A ) Jadikan Menjahit Sebagai Hobby. Karena berawal dari hobby maka akan terbentuk kebiasaan dan dari kebiasaan tersebut akan terlahir skill yang terasah hari-demi hari, bulan dan tahun.

TIPS BELAJAR MENJAHIT BAGI PEMULA


B ) Kenali Mesin Jahitmu Untuk Anda yang memiliki mesin jahit baru, kenali dulu mesin Anda. Maksudnya, Anda baca buku panduan atau lihat video panduan cara menggunakannya. atau kalian bisa tonton video berikut ini Belajar Menjahit Mudah Untuk Pemula Dan Mengenal Dasar Menjahit



Misalnya, pasang benang, bobbin, pasang jarum, kabel listrik, sepatu mesin, dan mungkin ada beberapa intruksi lain di dalam buku panduan atau dvd tersebut. Kalo sudah terpasang jarum, benang, bobbin, dan lain-lain maka langkah selanjutnya adalah  menjahit.

Dulu saya hanya bisa menjahit lurus dan juga testing jenis-jenis jahitan yang ada di mesin.Dari situ dengan mencoba  jahit2 lurus ataupun jenis lainnya. kita pasti akan belajar mengatur seberapa cepat atau lambat kaki menekan pedal mesin jahit, Semakin Anda tekan pedal.. Semakin cepat jalannya. Untuk pertama kali tekan pelan-pelan saja  yang penting mesin berjalan. Sama halnya seperti belajar menyetir mobil. Semakin di tekan gasnya semakin kenceng larinya. Dengan menekan pedal mesin jahit pelan2, Anda bakal bisa mengatur tanganmu untuk kain yang Anda pegang.

Baca Juga : 


C ) Pelajari Jenis JahitanWaktu saya pertama kali menjahit, tentu saja saya tidak langsung mempelajari semuanya karena semua itu membutuhkan waktu dan proses.

  • 1. Jahitan Lurus, jenis jahitan lurus ini yang sudah pasti bakal sering kita pakai.
  • 2. Jahitan Jelujur, adalah jahitan Panjang-panjang dan biasanya di lakukan dengan jahit tangan. jahitan ini hanya sebagai  bantuan saja dan sementara. yang nantinya akan kita lepas setelah kain terjahit dengan mesin. misalnya untuk menjahit pinggiran kain biar lurus, ataupun resleting.
  • 3. Jahitan Zig zag, biasanya sebagai jahitan yang fungsinya untuk merapikan pinggiran kain, yang kita bilang keliman. (keliman dan kampuh)
  • 4. Jahitan Mati, jahitan ini untuk membantu benang tidak terburai nantinya. dan jahitan mati di lakukan di awal dan akhir jahitan. misalnya : jahit maju 3-4 langkah dan jahit mundur 2-3 langkah.
  • 5. Jahitan Quilt, jahitan ini biasanya ku pakai klo kita menggunakan Batting. jadi batting dan kain di jahit ( bisa lurus, serong ataupun yang berkelok2).


D ) Praktekkan, apa yang kamu pelajari entah dari membaca atau menonton video di youtbe atau membaca artikel tips belajar menjahit tanpa kursus di website atau melihat langsung dari penjahit senior.


Previous Post
Next Post

0 komentar: